Jumat, 22 April 2016

Tutorial Singkat Menggunakan
MICROSOFT EXCEL 2010



Description: images9.jpg
 











DISUSUN OLEH :
CAPRI LEEWIS SIREGAR


                                                                                            
















SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
NEGERI 9 MEDAN
PAKET KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)
TAHUN PELAJARAN : 2015 / 2016




DAFTAR ISI
Daftar isi............................................................................................. 1
Kata Pengantar......... ........................................................................... 2
Bab I                                       PENDAHULUAN
Tujuan................................................................................................... 3
Manfaat............................................................................................... 3
BAB II                                         PEMBAHASAN
Pengenalan Microsoft Excel................................................................................ 4
Cara menggunakan MS EXCEL....................................................................5
BAB III                                       PENUTUP
Kesimpulan........................................................................................ 23
Saran................................................................................................ 23
Daftar Pustaka................................................................................... 24










KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

    Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

    Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                                       Kaliman, Maret 2016

                                                                                               Kelompok 2




















BAB I
PENDAHULUAN

Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah.Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar.Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah databerupa angka yang ada dalam tabel.Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.

B.  Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1.Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office Excel.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu lembar sebar
3. Mengoperasikan menu-menu editing lembar sebar.
4. Menggunakan rumus dan fungsi pada lembar sebar
5. Mengoperasikan perintah cetak pada lembar sebar
6. Mampu menggunakan/mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan sehari-hari.
E.  Manfaat
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat
1.Memahami cara mengoperasikan lembar sebar
2.Menghindari kesalahan editing dalam pengoperasian lembar sebar;
3.Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada pada lembar sebar;
4.Menggunakan rumus dan fungsi mencetak hasil pengolahan lembar sebar.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

















Berikut Cara Menggunakan MS Excel 2010 :

1.    Untuk memulai  Aplikasi Ms Excel 2010, lakukan hal berikut :
Ø  Klik start
Ø  Pilih dan klik All program
Ø  Pilih dan klik pada Microsoft Office
Ø  Pilih dan klik Microsoft Excel 2010









  1. Untuk membuat atau membuka file baru (new file)
Ø  klik file
Ø  klik new
Ø  klik create










 























  1. Istilah
a.      Title bar : baris judul, nama file
b.     Menu bar : home, insert, page layout, formula,.....
c.      Toolbar
d.     Formula bar : baris rumus
e.      Cell pointer : penunju cell
f.       Alamat cell
g.     Column : lajur, tiap lembar kerja memuat A, B, C, .... sampai 256 lajur
h.     Row : baris, tiap lembar kerja memuat 1, 2, 3, ..... sampai 65536 baris
i.       Sheet   : lembar kerja

















 









  1. Cell pointer : penunjuk cell









Ada beberapa cara untuk memindahkan cell pointer. Untuk lengkapnya silahkan lihat table dibawah.

Tombol

Keterangan

←↑→↓
Pindah satu sel ke kiri, kanan, atas atau bawah
Enter
Pindah satu sel ke bawah
Home
Pindah ke kolom A pada posisi baris yang aktif
Ctrl + Home
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
Ctrl + End
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
PgUp
Pindah satu layer ke atas
PgDn
Pindah satu layer ke bawah
Alt + PgUp
Pindah satu layer ke kiri
Alt + PgDn
Pindah satu layer ke kanan
Ctrl + PgUp
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya
Ctrl + PgDn
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya







Memasukkan dan mengedit data


Setiap lembar kerja, termasuk Microsoft excel, pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan CELL.
Contoh : E5 artinya pertemuan antara kolom E dan baris ke-5. Sedangkan RANGE adalah daerah tertentu ( kumpulan dari beberapa cell ). Contoh : A3:G3 (dibaca A3 sampai G3).
Sekarang kita akan belajar memasukkan data – data ke dalam worksheet. Sebagai contoh kita akan memasukkan data singkat dibawah ini :

DATA YANG AKAN DIMASUKKAN

No           Nama                     Umur
1             Nia Kurniati             21
2             Nanda A                 20


Memasukkan Data
1.   Aktifkan program lembar kerja
2.   Letakkan pointer di A1, ketik No , tekan enter
3.   Penekanan enter akan membuat No melompat ke dalam worksheet (dalam contoh ini ke A1), dan pointer langsung lompat ke baris berikutnya, dalam contoh ini ke A2.  Langsung ketik angka 1
4.   Bawa pointer ke B1 dengan anak panah kanan, ketik Nama, tekan enter
5.   Setelah di enter, pointer lompat ke B2, ketik Nia Kurniati enter
6.   Bawa pointer ke C1 dengan anak panah kanan, ketik Umur enter
7.   Pointer lompat ke C2, ketik 21 enter
8.   dst.




















DATA SETELAH DIMASUKKAN



Menata tampilan lembar kerja


Meratakan tampilan data
1.    Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang masing-masing isinya akan diubah perataannya.
2.    Klik salah satu icon Align Left  (rata kiri sel) – icon Center  (rata tengah) – icon Right  (rata kanan sel) pada toolbar formatting

Membuat garis pembatas dan bingkai
1.    Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang akan diberi garis pembatas atau bingkai
2.    Klik menu format
3.    klik submenu Cells (Ctrl + 1)
4.    Klik tab Border
5.    Pada option Presets, pilih dan klik salah satu box di bawah ini:
  • None, digunakan untuk menghapus seluruh garis pembatasan dan bingkai
  • Outline, digunakan untuk membuat bingkai di sekeliling sel atau range
  • Inside, digunakan untuk menempatkan garis di bagian dalam range
6.    Pada option Border, pilih dan Klik garis pembatas yang diinginkan
7.    Pada box style, pilih dan Klik gaya tampilan garis yang diinginkan
8.    Pada tombol drop_down Color, pilih dan Klik warna garis yang diinginkan
9.    Klik tombol OK









Mengatur format tampilan huruf
1.    Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang isinya yang akan dibentuk
2.    Klik menu Format
3.    Klik submenu Cell (Ctrl + 1)
4.    Tampil: Dialog box format cell
5.    Klik tab Font
6.    Pada tombol drop_down Font, pilih dan Klik jenis bentuk huruf yang diinginkan
7.    Pada tombol drop_down Font Style, pilih dan klik gaya tampilan huruf yang diinginkan
8.    Pada tombol drop_down Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan
9.    Pada tombol drop_down Underline, pilih dan klik bentuk garis bawah yang diinginkan
10. Pada tombol drop_down Color, pilih dan klik box warna huruf yang diinginkan
11. Pada option Effect, pilih dan klik box efek pencetakan yang diinginkan
12. Klik tombol Ok

Menggunakan rumus dan fungsi
Rumus merupakan instruksi metematika yang dimasukkan ke suatu sel pada lembar kerja. Rumus akan membawa instruksi untuk melakukan proses perhitungan tertentu.
Lembar kerja dapat melakukan proses perhitungan dengan menggunakan operator hitung sebagai berikut :

Tombol
Nama Tombol
Keterangan Fungsi
+
tanda plus
penjumlahan
-
tanda minus
pengurangan
*
tanda asterisk
perkalian
/
tanda solidus atau slash
pembagian
^
tanda circumflex accent
perpangkatan

Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan operator sebagai berikut:
                   Pertama        ^
                   Kedua           / atau *
                   Ketiga          + atau –
Rumus yang diapit dengan tanda kurung akan diproses terlebih dahulu. Menulis Rumus selalu diawali dengan lambang sama dengan (=). Penulisan Rumus tidak boleh ada spasi.

1. Menulis rumus dengan angka tetap
Rumus dapat ditulis dengan memasukkan angka yang tetap (seperti dalam kalkulator).
      Contoh: = 25*40
                : = 30/5
Setiap penulisan rumus angka tetap diakhiri dengan menekan Enter
1.    Menulis rumus dengan referensi cell
2.    Menulis rumus dengan cara menunjuk



2. MENGUNAKAN FUNGSI
Ada beberapa fungsi yang sering di gunakan pada saat bekerja dengan lembar kerja, yaitu diantaranya :
COUNT              : Menghitung banyak data dalam suatu range      
AVERAGE         : Menghitung rata – rata data dalam suatu range
MAX                 : Menghitung nilai terbesar data dalam suatu range
SUM                  : Menghitung penjumlahan data dalam suatu range
MIN                            : Menghitung nilai terkecil data dalam suatu range
ROUND                       : Membulatkan data
TODAY             : Menampilkan tanggal yang ada dalam system komputer
Dll.

 

 


3. Format Data

Format data pada Ms. Excel

  Format Teks [A]

  Format Perataan [B]

  Orientasi Teks [C]

  Penggabungan sel (merge) [D]

  Format angka dan tanggal

 














































Langkah-langkah memformat tanggal :
·         Klik number pada tollbar
·         Pilih date
 
·         Kalau sudah terformat, maka cukup Anda ketikkan tanggal dan bulan saja:
2-3 akan tertulis menjadi 2 Maret 2012

Langkah memformat harga dan jumlah :
·         Klik number pada tollbar



·         Pilih accounting
·         Anda tinggal mengetikkan harga saja
7000 akan tertulis Rp 7.000,00

Format untuk membuat garis tabel :
·         Perhatikan font pada toolbar
·         Klik panah sebelah kanan border, pilih all border
 


Menggunakan fungsi metematika :
Ø  HLOOKUP
Fungsi yang digunakan untuk mengisi tabel berdasarkan  tabel array secara horisontal
Ø  VLOOKUP
Fungsi yang digunakan untuk mengisi tabel berdasarkan  tabel array secara vertikal

Pengisian tabel menggunakan fungsi VLOOKUP dari tabel nilai
 
Pengisian tabel menggunakan fungsi HLOOKUP dari tabel  predikat
 
 








  • Pada Lookup_value diisi (klik) pada G5 (nilai akhir pada faruq)
  • Pada table_array diisi (diblok) pada seluruh tabel nilai, diakhiri dengan menekan tombol F4 pada keyboard (untuk mengunci tabel array)
  • Pada Col_index_num (penunjuk kolom yang diisikan pada tabel) diisi dengan 2 (menunjuk kolom 2 pada tabel nilai)



 
  • Pada Lookup_value diisi (klik) pada I5 (nilai huruf pada faruq)
  • Pada table_array diisi (diblok) pada seluruh tabel predikat, diakhiri dengan menekan tombol F4 pada keyboard (untuk mengunci tabel array)
  • Pada Row_index_num (penunjuk baris yang diisikan pada tabel) diisi dengan 2 (menunjuk baris 2 pada tabel predikat)


Ø  IF
Fungsi yang digunakan untuk menghasilkan nilai berdasrkan 2 syarat
Jika ...... maka....., jika tidak maka .......

Pengisian tabel menggunakan fungsi IF
 
 


·         Pada Logical_test diisi (klik) pad G5, tuliskan >=75
·         Pada value_if_true diisi dengan penyataan jika nilainya memenuhi : lulus
·         Pada value_if_false diisi dengan pernyataan jika nilainya tidak memenuhi : tidak lulus

Ø  MAX
Fungsi yang digunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari tabel
Ø  MIN
Fungsi yang digunakan untuk menentukan nilai terendah dari tabel

Pengurutan data
Untuk dapat mengurutkan suatu data yang acak tidak urut, maka dapat dilakukan dengan langkah-langkah :
  • Mengurutkan berdasarkan besar gaji
·         Blok seluruh tabel

·         Pilih dan klik short & filter
·         Pilih dan klik custem short
·         Short by dipilih gaji terima
·         Order pilih larget to smallest




  • Mengurutkan berdasarkan besar NIP
  • Mengurutkan berdasarkan besar Nama
  • Mengurutkan berdasarkan besar gol
Pelacakan data dengan filter
Dari sekian banyak data, mungkin menyulitkan sekali kalau harus mencari data secara manual.
Untuk pencarian data dapat digunakan serching kemudian next, next sampai ketemu. Dapat juga dicari dengan menggunakan filter (penyaringan data) berdasarkan kriteria yang ada.

Filter berdasarkan kota
Langkah-langkahnya :
·         Blok tabel
·          
 

·         Pilih dan klik short & filter
·         Pilih dan klik filter



 


·         Klik panah pada kota
·         Centang Jakarta
 




Membuat grafik
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan grafik:
  Buat grafik dari data tabel
  Pengaturan layout grafik
·         Membuat judul grafik
·         Membuat title pada sumbu x dan y
·         Penempatan legend
·         Membuat data tabel
·         Membuat label data
·         Perubahan sumber data
Langkah-langkahnya :
  • Pilih tabel
  • Blok kolom yang dikehendaki
  • Pilih insert, column, 3-D column





















  • Untuk membuat juduk grafik, klik pada layout
  • Pilih chart title
  • Pilih above chart




  • Tambahkan sub title (kiri, bawah dari grafik)













BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007. Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa membuat sebuah grafik data otomatis.
B.   Saran
Makalah Microsoft Excel 2007 ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.














DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar